Faktor Yang Membangun Loyalitas Konsumer Lewat Sosial Media

 

Kita tahu bahwa sekarang ini penting bagi kita untuk terjun memiliki Social Media untuk membangun Loyalitas dengan Pelanggan kita, tetapi yang menjadi pertanyaannya bagaimana caranya ?
Jika Anda memiliki Facebook Fans ataupun Twitter Followers, Anda harus mengerti bahwa mereka adalah komunitas tersendiri atau sekelompok orang yang memiliki satu interest membuat mereka mau menjadi fans ataupun follower Anda.

Kenalilah siapa Pelanggan Anda
Untuk itu kita harus mengenal mereka, 3 point utama yang Anda harus tahu dari mereka adalah:
1. Apa yang membuat mereka mau bergabung pada facebook fans page Anda, caranya melihat history dari mana mereka bergabung.
2. Apa yang mereka cari atau sukai dari produk Anda, caranya dengan melihat interest mereka, hobby mereka, dan apa yang mereka sering tanyakan kepada Anda.
3. Apa topik yang sehari-hari mereka lihat, mereka like dan mereka bicarakan, caranya dengan melihat aktifitas dari fans ataupun follower Anda.

Bangunlah Interaksi dengan Mereka
Anda Mulai melakukan interaksi dengan mereka, lakukan campaign kampanye yang membuat mereka mau ikut berpartisipasi, mulai dengan pertanyaan atau topik yang menarik, memberikan quiz berhadiah, polling atau tanya pendapat mereka tentang produk atau brand Anda. Dengan membangun interaksi diharapkan terbangun engagement. Interaksi juga bisa diartikan dengan pertanyaan kustomer/ calon kustomer yang anda jawab dengan baik.

Ajaklah mereka berpatisipasi
Jika kita sudah dapat membangun interaksi dengan mereka kita buat lebih dalam dengan mengajak mereka berpartisipasi, misalnya dengan mengadakan kompetisi yang berhubungan dengan bisnis atau brand Anda. Dengan mengajak mereka berpartipasi akan membangun pengalaman antara pelanggan dengan brand Anda.

Conversation. Pertahankan komunikasi dengan mereka dengan mebangun komunikasi 2 arah. Untuk membangun hubungan lebih personal kita bisa memanfaatkan fitur fb chat dengan mereka. Sebaiknya Anda membuat jadwal rutin misalnya setiap hari apa jam berapa Anda melakukan chat dengan mereka.

Kita perlu tabu bahwa segala apa yang kita pikirkan dan rasakan tentang brand, produk kita lewat Social Media saat erat kaitannya dengan Pengalaman Pelanggan, Design, Development, Technology , strategi terhadap brand kita, pemikiran tentang design, business, planning, marketing dan innovation. Bila kita bisa menjaga itu semuanya akan menjadi faktor yang sangat significant berarti bagi pertumbuhan bisnis Anda.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s